(10DaysKF) day-2: Tiga Hal yang Membuat Histeris?



Histeris? Entahlah. Tapi hari ini benar-benar membuat saya seperti naik roller coaster. Ada pusing, lelah juga deg-degan.

Sebenarnya sih salah saya juga yang ceroboh dan ‘mungkin’ malas. Ok, gini... sekitar akhir tahun 2015, saya lagi sibuk-sibuknya bikin rumah. Sibuk mikirin material, pekerja, desain, dan tentu keuangan. Sebagai gambaran, rumah saya di kampung, jadi untuk urusan bangun rumah biasanya ditangani sendiri tidak menggunakan jasa arsitek atau pemborong. 

Saya harus berkejaran dengan semua itu, dan seluruh perhatian pun tumplek ke sana. Hingga saya melupakan satu hal: Ganti oli. (Jujur, sejak dulu saya paling malas ke bengkel, jadi kadang suka ‘besok deh!’)

Ternyata akbatnya fatal. Mesin motor saya kena. Dan harus opname selama satu bulan di bengkel (dealer), dengan biaya sekitar Rp. 1.500.000. Saya pikir urusan selesai sampai di situ. Ternyata tidak, dua minggu kemudian motor saya menunjukkan gejala yang sama, yang paling jelas sih dari suara mesin kalau nyala; bising dan gak enak banget. Akhirnya motor harus kembali masuk bengkel dengan biaya sekitar Rp.1.200.000. Kali ini saya ganti bengkel (dealer). Hasilnya lumayan. 

Dua hari yang lalu, gejala seperti itu kembali kambuh. Saya sampai harus minta izin tidak masuk sekolah, karena harus membawanya kembali ke bengkel. Untuk pemeriksaan awal, saya bawa ke bengkel biasa deket rumah, semoga bisa ditangani. Ternyata menyerah. Tetep harus dibawa ke bengkel yang lebih lengkap. Sekalian ganti oli, dinamo starter dan aki, habis Rp. 300.000.

Akhirnya tadi pagi saya kembali ke bengkel, yang waktu itu menangani motor saya yang kedua. Karena saya lebih percaya. Lagi-lagi saya izin tidak masuk sekolah. Saya sudah curiga, pasti abis satu juta lebih. Naasnya, saya cuma megang uang cash dua ratus ribu. Mau gak mau harus bongkar tabungan di Bank Mandiri. Tapi, sudah sejak lama ATM-nya ke blokir, dan saya males benerin. Sebetulnya sih ada unsur disengaja, biar gak digesek-gesek terus. 

Karena butuh, akhirnya saya mampir dulu ke Bank Mandiri. Mau ganti pin baru dan sekalian ambil uang. Pas nyampe di depan CS, diminta ngumpulin KTP, Buku Rekening dan kartu ATM-nya. Tapi, setelah dicari-cari di dompet sama di tas, bolak-balik, tuh kartu ATM gak ketemu. Alhasil, saya ambil manual pake Buku Tabungan, Rp. 1.000.000. Ribet sih, harus ngisi data apalah sama fotocopy KTP segala. Jadilah saya bawa Rp. 1.200.000 ke bengkel.

Setelah konsultasi dan periksa-periksa, ternyata banyak yang harus diganti. Itung-itung-itung perkiraan habis Rp. 2.500.000. Oh My God? Saya kaget, shock, tapi gak teriak histeris. Cuma narik napas daleeemmm bangett... Besar banget ya?

Tapi ya gimana lagi, akhirnya saya nego sama mekaniknya, kalau masih ada spare part yang masih bagus mah gak usah diganti aza dulu. Dia setuju. Itung-itung-itung lagi, turun jadi dua juta. Ok deh, deal. Artinya saya kurang delapan ratus ribu untuk bayar semua. 

Sambil galau di ruang tunggu bengkel, saya iseng-iseng buka dompet, diperiksa satu-satu, eh, ternyata tuh ATM ketemu, nyelip diantara kartu-kartu lainnya. Seneng dong saya. Akhirnya saya minjem motor bengkel untuk balik ke Bank Mandiri. 

Kembali ketemu sama CS, sambil senyum-senyum dia mengurus kasus saya. Dan, pas sampai di teller (karena untuk ganti pin harus pakai mesin yang ada di teller) mesinnya error, jaringannya bermasalah. Sampai kapan? Gak tahu. Akhirnya saya kembali pakai manual, ambil Rp. 800.000. Entahlah, saldonya tinggal berapa? Hiks hiks hiks. Kartu ATM pun saya titip di teller siapa tahu nanti jaringannya bagus lagi.

Kembali ke bengkel, kondisi motor saya sedang dibedah, dimutilasi, acak-acakan. Kasian banget. Untung ada musholla, jadi saya numpang sholat di situ. Sekalian ngadu sih sama Yang Punya Hidup. Rasanya kok nyesek banget ya? Mmm... tapi ya gimana lagi? Harus dihadapi. 

Kembali ke ruang tamu, mekanik yang nanganin motor saya mendekati, katanya, ada beberapa spare part yang kosong, jadi gak bisa dipasang sekarang. Dan, itung-itung-itung lagi, saya cuma bayar Rp. 1.500.000. Sedikit lega sih, tapi...

“A, stang seher dan komplotannya harus segera diganti, tapi kalau mau, harus inden dan bayar DP, harganya sekitar 500 ribuan. Itu belum termasuk biaya pasang, karena harus turun mesin.”

Saya gak bisa menolak, akhirnya saya kembali menyerahkan uang sisa, sebesar Rp.300.000. 

“Kemungkinan sekitar seminggu barang datang, mudah-mudahan sih lebih cepat.”
Saya hanya tersenyum kecut. Mudah-mudahan ini yang terakhir jajan ke bengkel sebesar itu.
***
Mungkin hal di atas gak bikin saya histeris. Namun sukses membuat saya kaget, shock, nyesel, marah, sedih dan lain-lain. Campur-campur. Tapi dapet pelajaran yang sangat berharga, Jangan sepelekan ganti oli!

Dan, kalau tetep maksa hal apa yang bisa bikin saya histeris? Kayanya... kalau ketemu BCL. Done!
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar