My First Book : Rumah Sharing....


Alhamdulillah.... kata itu yang bisa saya ucapkan ketika melihat buku itu selesai dicetak, tahun 2008 yang lalu. Uuuuuhhhhh................ rasa bahagia membuncah dalam dada, tak mampu tergambarkan... akhirnya salah satu impian saya untuk bisa membuat sebuah buku pun terwujud.

Menulis memang salah satu hobi saya, disamping banyak hobi saya yang lain, hehe..... dan saya mulai seneng nulis sejak SMP. Awalnya karena diajakin temen (kalau gak salah namanya Ani, tapi beda kelas sama saya) untuk ngurus mading sekolah yang dipajang di depan perpustakaan. Waktu itu sih saya hanya ikut-ikutan aja, bahkan untuk ngisi mading pun saya nyontek dari buku atau majalah2. Terus, pas jaman saya smp kan lagi musim2nya nulis biodata di buku diari, (rata-rata sih cewek yang punya buku kaya gitu),  dan saya suka diminta untuk ngisi dibuku kaya gitu. Ya.... as a good friend, saya maulah...... termasuk ngarang puisi atau kata2 yang dirangkai2 lah...... dan tak disangka banyak yang suka puisi2 saya.... akhirnya banyak temen yang pengen di bikinin puisi sama saya..... hehe. Saya gak nolak dong... Dari situ, kayanya saya mulai suka dengan dunia tulis menulis, walau hasilnya masih acak adut, maklum otodidak..... hehe.

Pas SMU, saya ikut Organisasi Melissa (Media Analisis Siswa), yaitu ekstrakurikuler di bidang tulis menulis atau juranalistik. Tugas utamanya sih, pengelolaan mading dan majalah sekolah. Di Melissa ini lah saya ketemu temen2 yang jago nulis, yang cerpen-cerpennya sering di muat di berbagai majalah remaja, kaya Aneka Yess, Gadis atau Anita Cemerlang. Bahkan ada juga temen saya yang langganan juara menulis tingkat kabupaten. Terus terang gairah menulis saya semakin terpompa saat itu, saya ngiri sama mereka, tapi ternyata cerpen saya belum bisa menembus majalah2 tersebut. Pernah sih, tapi hanya koran lokal, ga papa.

Pas kuliah, saya hampir gak pernah nulis lagi, mungkin karena kesibukan saya di kampus, yang cukup padat, hehe..... ditambah agenda main2 sama temen yang gak kenal waktu.... hehe, membuat saya sedikit lupa, kalau saya pernah punya hobi nulis.... hihi.... Emmm, pernah deng,  ya.... paling banter nulis buat mading jurusan sama majalah himpunan, CES (Chemia et Schola). Ada beberapa tulisan saya yang dimuat disitu. (Tapi saya nya gak ikut jadi redaktur di situ).

Barulah, ketika tahun 2003 akhir, pas pulang kerja, saya secara gak sengaja mampir di Dago Festival. Di situ ada salah satu stand dari Gagas Media, yang lagi bikin acara Meet and Greet dengan Penulis Gagas Media. Saya pun tertarik untuk gabung dsitu dan ngikutin acara sampai akhir. Penulis Gagas Media yang hadir saat itu masih muda2 banget, ya.... mungkin gak jauh sama saya usianya.... seperti Icha Rahmanti (Cintapuccino), Dani Junnus (Ei tu Ze), Andi Eriawan (Always Laila), Novita Estiti (Subject : Re) dan Ninit Yunita (Kok Putusin Gue ?). Saya simak pengalaman2 mereka hingga akhirnya bisa bikin buku, yang sebenernya itu juga buku pertamanya mereka...... Sepulang dari situ, saya seperti terbakar gairah untuk bisa ngikutin jejak mereka bikin buku, secara usia kita gak jauh...... kalau mereka bisa, saya juga pasti bisa !!.  Saya pun langsung menuju ke toko buku, dan langsung beli buku2nya mereka..... saya baca sebagai referensi, dan ternyata memang buku mereka sangat layak untuk diterbitkan..... bagus bangettt....!. setelah selesai baca, saya sempet down juga sih, emangnya saya bisa bikin buku sebagus mereka ?????........ huh, entahlah.....

Saya pun jadi rajin ikut acara bedah buku, atau pelatihan2 menulis.... pokonya saya harus bisa bikin buku...!!. setelah dirasa saya memiliki modal yang cukup buat mulai nulis, saya pun akhirnya memulainya.... Lancar ??, ternyata tidak sodara-sodara, banyak banget kendala yang saya alami saat itu, terutama ide yang sering mentok, hingga saya pun harus berganti2 judul....dan berganti2 tema.... ditambah mood saya yang turun naik, juga komputer yang sering adat2an..... wah..... lengkap deh.... jujur, saya sempet males melanjutkan, dan membiarkan saja impian saya memiliki buku menguap entah kemana.....

Di tahun 2007, saya mendapatkan ide untuk buku saya, yang akhirnya bisa terwujud itu. Saya lupa, bagaimana ide itu muncul.... tapi saya begitu yakin untuk meneruskannya, dan akhirnya di sela-sela waktu yang saya punya, (waktu itu saya sudah bekerja di perusahaan swasta, yang jam kerjanya 8 - 4, ditambah waktu untuk berangkat dan pulang dijalanan, maka saya tidak punya banyak waktu untuk menulis. Saya hanya menulis di waktu setelah sholat shubuh sampai waktu berangkat kerja, kalau pulang kerja rasanya males ya..... capek, gak mood. Tapi kalau hari minggu, atau libu kerja, saya bisa seharian di kamar, untuk menulis.... Saya juga sering kesel, kalau ide lagi muncul, mengalir dengan deras, tapi kegiatan menulis saya harus terhenti, karena harus sudah berangkat kerja..... sebel banget rasanya.... !!. Dan itu sering banget saya alami dengan kondisi saya yang seperti itu.... Tapi akhirnya, setelah kurang lebih selama 7 bulan saya melakukan hal itu, saya pun menyatakan bahwa tulisan saya selesai !!. Ploooongg...... banget rasanya, walaupun masih berupa file di computer saya.  Berkali kali saya buka file itu, saya baca lagi dan lagi..... saya tertawa, saya menangis, saya tersenyum, menerawang......ah...... proses ini akhirnya terlampaui. Sekitar sebulan lamanya saya menikmati kebahagiaan ini, (ini kali pertama saya bisa menyelesaikan tulisan berupa novel setebal 199 halaman  kertas ukuran Legal). kemudian saya dikasih tahu sama temen saya yang saat itu bekerja di perusahaan penerbitan, untuk menawarkan naskah novel saya ke perusahaannya itu, dan alhamdulillah seminggu setelah saya memasukan naskah itu, saya ditelepon bahwa perusahaan itu, Nuansa Aulia, tertarik untuk menerbitkan novel saya. Ahh....... rasanya seperti melayang, terbang, berbunga-bunga...... bahwa sebentar lagi, impian saya akan untuk memiliki sebuah buku bisa terwujud. Tanpa fikir panjang, saya pun terima, dan naskah saya pun mulai masuk editing, layout dan pencetakan.

Pertengahan tahun 2008, saya ditelepon lagi, kalau buku saya sudah selesai di cetak.... saya pun segera meluncur ke Nuansa Aulia, untuk melihat buku saya jadinya seperti apa ??. Dan begitu saya lihat, saya langsung suka dengan desain covernya yang lembut dan bagus, menurut saya. Kebahagiaan pun kembali ku rasakan, ya...... its like the dream come true..... hehe.





SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. tiba2 inget sama novel ini :(
    tahun 2008 saya PKL di yrama widya Bandung, dan sempat dipinjemin novel ini sama karyawannya. kalo gak salah namanya a joni / teh puput.
    tiap kali denger kata "rumah sharing" jadi inget bandung:(

    BalasHapus