MESJID UNIK INI BERNAMA MESJID TAMAN HATI


Sekilas tidak nampak seperti sebuah mesjid. Terbuat dari batu hitam, berbentuk asimetris lebih mirip sebuah gua. Saya pun tertarik untuk sholat di sana. Maka, setelah puas bermain air di Tirta Mas Water Boom, kami langsung menuju ke situ.

Dari seorang Bapak yang sedang beres-beres, kami diberi tahu bahwa untuk masuk waktu Ashar tinggal beberapa menit lagi. Dan, untuk sekedar membunuh waktu, saya mengajak Aka berkeliling melihat-lihat di sekitar mesjid sambil foto-foto. Hehe.

Saya  dan Aka pun masuk ke ruang utama. Hawa dingin segera merasuk. Tidak begitu besar sih. Tapi saya perkirakan, sepertinya cukup untuk menampung 70-80 orang jemaah. Desain ruang di dalam pun tidak nge-blang seluruhnya, ada beberapa ruang yang disekat-sekat, mungkin diperuntukkan bagi jemaah wanita. Di sisi kanan terdapat kolam yang cukup besar.

Menurut Bapak itu juga (saya tidak sempat menanyakan namanya), mesjid ini milik Bapak Slamet Ma'rufi, seorang penata taman (mungkin exterior designer?). Bahkan ide untuk membuat mesjid ini pun muncul saat beliau sedang mengerjakan proyek pembuatan musholla di objek wisata Benteng Pendem. Awalnya pembangunan mesjid ini sempat didemo oleh masyarakat sekitar, karena desain dan warna yang anti mainstream, disangka sebagai tempat penyebaran aliran sesat, terlebih ketika itu belum dipasang jaringan listrik. Namun setelah dialog dan diberi penjelasan, masyarakat bisa mengerti sehingga mesjid ini bisa digunakan sesuai fungsinya. Saya lihat juga ada beberapa fasilitas bermain anak TK, sepertinya ada lembaga pendidikannya juga. Tapi saya tidak bertanya mendetil tentang ini, karena waktu Ashar sudah tiba. Oiya, nama awal mesjid ini adalah Hajar Rakhmah atau Batu Rahmat, namun sekarang lebih dikenal dengan Mesjid Taman Hati.

Saya pun segera mengakhiri pembicaraan, untuk segera mengambil air wudlu. Desain tempat wudlunya pun unik, ornamen batu mendominasi. Ah, saya jadi berpikir, mungkin sebenarnya mesjid ini peninggalan Flinstone? Hehe.

Lokasi:
Mesjid Taman Hati
Desa Tritih Kulon - Kec. Cilacap Utara
Jl. Nusantara (Dekat Jembatan Beji)





SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar