[10DaysKF] Day-7: Kata-kata Penguat Kala Terpuruk


Hmmhh...
Dalam hidup kadang kita mengalami turun-naik, fluktuatif seperti gelombang. Kadang di atas kadang di bawah. Kadang fit kadang sakit. Kadang bahagia kadang sedih. Kadang tertawa kadang menangis. Kadang semangat kadang down. Bahkan kadang merasa terpuruk. Sangat manusiawi. Karena memang manusia diciptakan dengan beragam kekurangannya. No body is perfect. Setuju?

Yang penting adalah bagaimana mengolah kekurangan itu agar tidak menjadi hal yang merugikan atau bahkan menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan. Yang lebih keren sih bagaimana mengenali potensi diri yang akhirnya bisa dikembangkan secara maksimal dengan sungguh-sungguh sehingga menjadi prestasi atau sesuatu yang bisa dibanggakan. Tapi, kadang kita terlalu sibuk mengejar sesuatu yang tampak indah di mata, tanpa mengukur kemampuan yang ada dalam diri.

Okelah. Memang demikian sebagian besar manusia. Mungkin saya termasuk salah satunya. Sedih, down atau bahkan terpuruk seolah menjadi teman sejati sehari-hari. Banyak hal yang menjadi penyebabnya. Namun saya tidak hendak bercerita tentang hal itu. Biarlah menjadi bagian yang terkadang saya rindukan, terutama mengingatkan bahwa saya masih seorang manusia.

Kali ini saya hanya ingin berbagi tentang tulisan, kata-kata atau quotes yang menguatkan saya kalau sedang mengalami keterpurukan. 

  1. Man Jadda Wa Jadda
Artinya, siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. Kalau sedang tidak bersemangat, kadang saya teringat dengan kata-kata itu. Lumayan berefek, meski kekutannya tergantung mood banget, atau tingkat keterpurukan yang melanda. Terlebih kondisi hati. Tapi setidaknya quotes tersebut mengingatkan saya tentang seberapa sih keberhasilan yang sudah diraih. Kalau belum sesuai harapan, benarkah sudah berupaya dengan sungguh-sungguh? Karena dalam hidup berlaku rumus ‘hasil tak akan mengkhianati usaha’. Tentunya, jangan lupa berdoa, memohon, menangis, meratap kepada Sang Maha Penentu, untuk memberikan ketentuan yang terbaik.

  1. Do The Best, Give The Best.
Lakukan yang terbaik, berikan yang terbaik. Niscaya akan memperoleh hasil terbaik. Ketika gagal, mungkin belum melakukan semuanya dengan baik, atau ada satu hal yang terlupakan bahkan terabai. Penting sekali mempersiapakan semuanya dengan baik, dari mulai ide atau rencana hingga pelaksanaan. Ketika terpuruk, saya kadang teringat kata-kata ini. Apakah yang saya lakukan sudah baik? Jika belum, ayo perbaiki. 

  1. Sukses bukan dilihat dari berapa banyak hal yang diperoleh, tapi dari berapa kali mampu bangkit ketika mengalami keterpurukan.
Kata-kata ini saya buat sendiri, untuk mengingatkan diri sendiri, tentang apa sih sukses? Buat saya ya seperti itu. Mungkin orang lain memiliki definisi yang berbeda, never mind.
Kadang mata mudah silau dengan asesoris atau embel-embel yang melekat pada diri orang lain. Sesuatu yang terlihat dari luar. Tapi kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam. Termasuk diri sendiri. Orang lain tidak akan tahu persis tentang hati kita; perjuangan, jatuh, terpuruk, down, bahkan give up. Berapa kali? Dan apakah masih mampu untuk bangkit berdiri? Orang sukses tidak akan berlama-lama membiarkan dirinya tenggelam dalam keputusasaan. Jika satu jalan tak mungkin lagi dilalui, maka akan membuka seribu jalan lain untuk meraih tujuannya.

  1. Hasbunalloh Wa Ni’mal Wakil Ni’mal Maula Wa Ni’man Nashir.
Cukuplah Allah sebagai Penolong bagi kami, dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Makna yang dalam pada kalimat dzikir ini, sangat efektif membangunkan hati yang tengah payah. Siapa lagi yang sanggup memberikan pertolongan? Siapa lagi yang sanggup memberikan perlindungan? Jika sudah menyerahkan semuanya kepada Allah, masih pantaskah gundah? Tunggu saja Keputusan Terbaik-Nya.

Sekali lagi, merasa terpuruk dalam kehidupan adalah hal yang wajar. Namun kembali bangkit melawan keterpurukan itu adalah suatu keharusan. Semua orang sudah ditakar kemampuannya, sehingga ujian yang diberikan tidak akan melebihi batas kesanggupannya. Bukankah Allah sudah berjanji: Bersama kesulitan ada kemudahan?


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar