(BUKAN) REVIEW: BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA (FILM)





Sudah hampir setahun yang lalu film ini tayang di bioskop kesayangan anda. Tapi, bagi saya kesannya masih terasa. Mungkin karena saya nge-fans sama penulisnya, Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film besutan Rizal Mantovani dan di produksi oleh Maxima Pictures (2015) ini mengusung tema perjalanan, dengan menyinggung peristiwa pengeboman gedung World Trade Center (2001). 


Dikisahkan seorang jurnalis, bernama Hanum (Acha Septriasa) yang mendapat tugas dari atasannya, Gestrude Robinson, untuk membuat sebuah artikel yang bertema, Would the world be better without Islam? (Apakah dunia akan lebih baik tanpa islam?). Tugas inilah yang membawanya ke Amerika untuk mewawancara narasumber dari pihak muslim dan non-muslim di sana. Salah satunya adalah Azima Hussein (Rianti Cartwright), seorang mualaf yang bekerja di sebuah museum, dan anaknya, Sarah Hussein (Hailey Franco). Mereka merupakan korban dari tragedi 9/11. Sikap sinis orang Amerika dan tuduhan bahwa Islam adalah agama teroris, membuat Azima harus survive dengan cara menutupi rambut aslinya dengan wig dan juga berganti nama menjadi Julia Collins.


"Ayah dituduh terlibat dalam tragedi 9/11. Agama yang diyakininya dianggap sebagai penyebab kekacauan dunia" ungkap Sarah dalam video yang dilansirnya di youtube.
 
Sikap permusuhan perlihatkan oleh seorang laki-laki tua tetangga Azima (Ray Renolds) yang kehilangan keluarganya dalam tragedi WTC. Ia membalas sakit hatinya dengan memusuhi Azima dan anaknya. Ia mengembalikan kue tart yang dibuat Azima untuknya. Dan Hanum berusaha memberikanya lagi. Ia menunjukkan cara Al Quran menghargai dan berbuat baik pada tetangga.


Di lain pihak, Rangga (Abimana Aryasetya), suami Hanum, medndapat tugas dari Professor Reinhard untuk mewawancai seorang milyuner dan philantropi Amerika yang bernama Phillipus Brown, demi melengkapi persyaratan S3-nya. Brown dikenal eksentrik, misterius dan tidak mudah berbicara dengan media.
  
Konflik yang dialami Hanum dan Rangga dalam melaksanakan tugasnya masing-masing memicu depresi dan ketegangan diantara keduanya. Mereka sempat terpisah di New York City karena adanya kerusuhan, yaitu penolakan terhadap pembangunan mesjid Ground Zero. Michael Jones, seorang non-muslim yang Islamopohobia, menjadi salah satu pendukung aksi tersebut. 

Dan, sebuah pertemuan manis, yang menggetirkan, ketika Brown mengisahkan bagaimana dirinya menjadi seorang filantropi dunia secara the heroes, mampu mempertemukan Brown, Julia dan Jones mendapatkan jawaban tentang keresahannya selama ini. 

Banyak hal yang bisa diambil dari film ini, terutama tentang kebanggaan terhadap Islam. So, would the world be better without Islam?, No!.



 
Can't wait the next movie 'Bulan Terbelah di Langit Amerika 2' on December 2016. (Riepe)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: