UNDANG KAMI KE RUMAH-MU, RABB

“Pokoknya, kalian harus bisa berangkat ke tanah suci, mama selalu mendoakan....” Begitulah kata-kata Ibu yang selalu terngiang di telinga, sepulang beliau melaksanakan ibadah umroh. Saya dan adik saya, beserta istri dan anak masing-masing serempak mengaminkan, “Aamiin, semoga Allah mengabulkan.” 
sumber: http://www.animasicantik.com
“Di sana, hati begitu damai, jiwa dan raga terpusat hanya untuk Allah, Keagungan dan Kebesaran-Nya begitu merasuk, segala jenis angkara luruh, hanya ikhlas, mengharap Ridha-Nya...” lanjut Ibu, dengan sepenuh jiwa, mengungkapkan pengalaman spiritual yang didapatkannya. Kata-katanya memancarkan keikhlasan, kepasrahan dan kebahagiaan yang mendalam, begitu menyentuh, hingga kami pun bisa ikut merasakan.

Sebagai muslim, tentu kami sangat ingin bertandang ke Rumah-Mu, Rabb, dalam safar Hajj atau Umroh. Menapak jejak sejarah Nabi-Mu, memungut mutiara iman untuk menguatkan ghirah Islam kami, dan menyaksikan betapa agungnya Al Haram, berkumpul dengan saudara-saudara kami se-iman dari seluruh penjuru dunia. Ah, membayangkannya pun sudah bergetar hati ini, betapa kecilnya kami di hadapan-Mu.
***



Sekarang ini, untuk bisa melaksanakan umroh tidak sesulit dimasa lalu, asal memiliki niat yang kuat dan biaya yang memadai, Insya Allah berangkat (meski ada juga yang tidak memiliki keduanya). Menjamurnya agen-agen travel umroh, dengan program-programnya yang kece, menjadikan umroh tidak lagi sejauh angan-angan. Semua bisa umroh. #SemuaBisaUmroh. Mereka akan membantu jamaahnya agar bisa beribadah dengan aman, nyaman dan menyenangkan.

Dalam menjalankan programnya, mereka tidak bertindak secara sepihak, namun para jamaah akan turut dilibatkan. Misalnya dalam hal penentuan jadwal keberangkatan, biasanya travel jamaah disilahkan menentukan sendiri tanggalnya (atau sesuai paket yang dipilih), sehingga bisa disesuaikan dengan keluangan waktu yang dimiliki, dan diharapkan tidak akan mengganggu aktifitas keseharian. Dalam hal pembiayaan pun, jamaah diberi beberapa pilihan cara pembayaran, sehingga tidak memberatkan, bisa tunai, cicil, atau berjangka, tergantung kemampuan masing-masing jamaah. Bahkan ada agen travel yang memberikan diskon atau paket umroh murah.

Para jamaah juga akan mendapatkan bimbingan ibadah umroh, meliputi segala hal yang berkaitan dengan umroh, dari Persiapan umroh, Perlengkapan umroh dan juga Tips umroh.
Persiapan Umroh
Umroh bukanlah perjalanan biasa, tapi juga ibadah. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya:
  • Persiapan Ruhani
Sebelum sibuk dengan berbagai persiapan yang bersifat fisik, sebaiknya ruhani yang terlebih dulu benahi, dengan cara: Meluruskan niat semata-mata hanya untuk Allah, bertaubat atas semua kesalahan yang telah diperbuat, mempelajari tata cara dan segala hal yang berkaitan dengan umroh (rukun, sunat, sholat di perjalanan dan amalan lainnya), melunasi hutang/mengembalikan barang pinjaman, menjaga amalan, memperkuat doa, dll.

  • Persiapan Fisik
Ibadah umroh merupakan ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik, karena di dalamnya terdapat rukun yang pelaksanaannya membutuhkan tenaga yang kuat, misalnya thawaf (mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh putaran) atau sa’i (berlari-lari kecil dari Bukit Shafa dan Marwah). Ditambah, kondisi iklim di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Tanah Air. Untuk itu fitalitas tubuh harus mendukung. Beberapa persiapan fisik, diantaranya: Jogging secara teratur untuk membiasakan otot kaki, banyak minum air putih dan multivitamin dan jika perlu konsultasi ke dokter.

Perlengkapan Umroh
Pelaksanaan umroh tidak hanya satu-dua hari, biasanya bisa sampai 10-15 hari, untuk itu harus benar-benar tepat dalam mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa. Dengan bagasi yang terbatas tentu harus pintar memilih dan memilah barng-barang dengan cermat. 

  • Hanya membawa barang-barang yang diperlukan saja, misal: kain ihram untuk laki-laki, bergo untuk perempuan, seperangkat baju ganti, alat mandi, sandal, dll.
  • Kelompokkan barang-barang yang dibawa, apakah masuk koper/bagasi atau tas tentengan
  • Cari informasi terkait cuaca yang berlangsung di Arab Saudi, untuk menghindari membawa barang yang tidak diperlukan atau sebaliknya, misal di Arab sedang musim panas, maka tidak perlu membawa jaket dan selimut.
  • Obat-obatan pribadi/vitamin jangan sampai tertinggal
Tips Umroh
Selain hal-hal diatas, agar umroh berjalan lancar dan menyenangkan, maka harus memperhatikan hal berikut:

  • Pilih travel yang sudah terjamin kredibilitasnya, salah satunya sudah terdaftar di kemenag.
  • Urus dokumen secepat dan seakurat mungkin.
  • Cek ulang seluruh persiapan dan perlengkapan
  • Tidak malu bertanya kepada ustad/pembimbing jika masih ada yang belum faham.

Akhirnya, kepada Engkaulah kami meminta. Mudahkanlah urusan kami, dan undang kami ke rumah-Mu. Aamiin.

Umroh bersama Abu Tours, #LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Wah recomended banget dong Abutours, murah, semua orang jadi bisa umroh karena murahnya

    BalasHapus
  2. Monggo cek langsung ke web resminya, abutours.com banyak program dan paketnya.

    BalasHapus