SATE TOTOK, KULINER KHAS KALIPUCANG


Di Kalipucang, -salah satu kecamatan di Kab. Pangandaran/Pemekaran Kab. Ciamis- Totok/Toe, sejenis kerang air tawar atau sering dikenal sebagai kerang kepah, yang memiliki nama taxon Polymesoda erosa dapat dijadikan salah satu kuliner yang endess mendess surendess. Makanan khas tersebut bernama Sate Totok

Hewan air bercangkang pipih menyerupai cawan/piring ini memang mudah didapatkan di sini, mengingat Kalipucang bersinggungan langsung dengan Sungai Citanduy yang bermuara ke Segara Anakan (Majingklak). Secara alamiah, kerang kepah ini menyukai daerah berlumpur di wilayah estuaria sebagai habitatnya. Maka tak heran, selain di dasar sungai, hewan ini juga ditemukan di rawa-rawa.

Bagian yang dimanfaatkan sebagai konsumsi adalah bagian tubuh si kerang, semuanya. Untuk mendapatkannya biasanya kerang hasil berburu, di rendam dahulu minimal selama satu malam untuk menghilangkan pengotor dan zat-zat toksik lainnya, lalu di cuci bersih, setelah itu di rebus sampai cangkang kerang terbuka. Setelah dingin, barulah bagian dalam kerang dikeluarkan dari cangkangnya. Bagian dalam inilah yang akan dijadikan aneka jenis kuliner maknyuss.

Salah satu ragam olahan kerang kepah ini, adalah sate. Yup, seperti sate pada umumnya, kita akan mendapatkan kerang berderet rapi dalam bambu penusuk. Namun cara memasaknya berbeda, tidak dibakar seperti biasanya, melainkan ditumis-rebus dalam kuah berbumbu, barulah, setelah matang ditindik oleh tusuk sate. Hmm....

Daging kerang yang kenyal, berpadu dengan bumbu asam-manis-pedas, membuat lidah tak berhenti bergoyang. Memberikan sensasi berbeda. Jangan khawatir dengan aromanya, penggunaan kunyit sebagai pelengkap bumbu, cukup jitu mengusir bau amis khas fauna air. Hilang. Hanya nikmt yang tersisa, hingga tusukan terakhir.

Oya, sate totok ini bisa dijadikan sebagai kudapan atau lauk makan. Pagi, siang, malam. boleh saja, hehe. Sebagai cemilan sambil nonton film india juga boleh, asal hati-hati saja, jangan sampai tusuknya nyangkut di tenggorokan, hehe. 

Mau coba? Kuliner ini bisa didapatkan di penjual asongan di sekitar terminal Kalipucang, harganya pun sangat terjangkau. So, kalau lewat ke Kalipucang, sempatkan untuk mencicipi, pasti nagih deh, lagi dan lagi.... Hehehe.

(Riepe)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar