Histeris? Entahlah. Tapi hari ini benar-benar membuat saya
seperti naik roller coaster. Ada pusing, lelah juga deg-degan.
Sebenarnya sih salah saya juga yang ceroboh dan ‘mungkin’
malas. Ok, gini... sekitar akhir tahun 2015, saya lagi sibuk-sibuknya bikin
rumah. Sibuk mikirin material, pekerja, desain, dan tentu keuangan. Sebagai
gambaran, rumah saya di kampung, jadi untuk urusan bangun rumah biasanya ditangani
sendiri tidak menggunakan jasa arsitek atau pemborong.
Saya harus berkejaran dengan semua itu, dan seluruh perhatian
pun tumplek ke sana. Hingga saya melupakan satu hal: Ganti oli. (Jujur, sejak
dulu saya paling malas ke bengkel, jadi kadang suka ‘besok deh!’)
Ternyata akbatnya fatal. Mesin motor saya kena. Dan harus
opname selama satu bulan di bengkel (dealer), dengan biaya sekitar Rp.
1.500.000. Saya pikir urusan selesai sampai di situ. Ternyata tidak, dua minggu
kemudian motor saya menunjukkan gejala yang sama, yang paling jelas sih dari
suara mesin kalau nyala; bising dan gak enak banget. Akhirnya motor harus
kembali masuk bengkel dengan biaya sekitar Rp.1.200.000. Kali ini saya ganti
bengkel (dealer). Hasilnya lumayan.
Dua hari yang lalu, gejala seperti itu kembali kambuh. Saya
sampai harus minta izin tidak masuk sekolah, karena harus membawanya kembali ke
bengkel. Untuk pemeriksaan awal, saya bawa ke bengkel biasa deket rumah, semoga
bisa ditangani. Ternyata menyerah. Tetep harus dibawa ke bengkel yang lebih
lengkap. Sekalian ganti oli, dinamo starter dan aki, habis Rp. 300.000.
Akhirnya tadi pagi saya kembali ke bengkel, yang waktu itu
menangani motor saya yang kedua. Karena saya lebih percaya. Lagi-lagi saya izin
tidak masuk sekolah. Saya sudah curiga, pasti abis satu juta lebih. Naasnya,
saya cuma megang uang cash dua ratus
ribu. Mau gak mau harus bongkar tabungan di Bank Mandiri. Tapi, sudah sejak
lama ATM-nya ke blokir, dan saya males benerin. Sebetulnya sih ada unsur disengaja,
biar gak digesek-gesek terus.
Karena butuh, akhirnya saya mampir dulu ke Bank Mandiri. Mau ganti
pin baru dan sekalian ambil uang. Pas nyampe di depan CS, diminta ngumpulin KTP,
Buku Rekening dan kartu ATM-nya. Tapi, setelah dicari-cari di dompet sama di
tas, bolak-balik, tuh kartu ATM gak ketemu. Alhasil, saya ambil manual pake
Buku Tabungan, Rp. 1.000.000. Ribet sih, harus ngisi data apalah sama fotocopy
KTP segala. Jadilah saya bawa Rp. 1.200.000 ke bengkel.
Setelah konsultasi dan periksa-periksa, ternyata banyak yang
harus diganti. Itung-itung-itung perkiraan habis Rp. 2.500.000. Oh My God? Saya kaget, shock, tapi gak
teriak histeris. Cuma narik napas daleeemmm bangett... Besar banget ya?
Tapi ya gimana lagi, akhirnya saya nego sama mekaniknya,
kalau masih ada spare part yang masih
bagus mah gak usah diganti aza dulu. Dia setuju. Itung-itung-itung lagi, turun
jadi dua juta. Ok deh, deal. Artinya saya kurang delapan ratus ribu untuk bayar
semua.
Sambil galau di ruang tunggu bengkel, saya iseng-iseng buka
dompet, diperiksa satu-satu, eh, ternyata tuh ATM ketemu, nyelip diantara
kartu-kartu lainnya. Seneng dong saya. Akhirnya saya minjem motor bengkel untuk
balik ke Bank Mandiri.
Kembali ketemu sama CS, sambil senyum-senyum dia mengurus
kasus saya. Dan, pas sampai di teller (karena untuk ganti pin harus pakai mesin
yang ada di teller) mesinnya error, jaringannya bermasalah. Sampai kapan? Gak tahu.
Akhirnya saya kembali pakai manual, ambil Rp. 800.000. Entahlah, saldonya
tinggal berapa? Hiks hiks hiks. Kartu ATM pun saya titip di teller siapa tahu
nanti jaringannya bagus lagi.
Kembali ke bengkel, kondisi motor saya sedang dibedah,
dimutilasi, acak-acakan. Kasian banget. Untung ada musholla, jadi saya numpang
sholat di situ. Sekalian ngadu sih sama Yang Punya Hidup. Rasanya kok nyesek
banget ya? Mmm... tapi ya gimana lagi? Harus dihadapi.
Kembali ke ruang tamu, mekanik yang nanganin motor saya
mendekati, katanya, ada beberapa spare
part yang kosong, jadi gak bisa dipasang sekarang. Dan, itung-itung-itung
lagi, saya cuma bayar Rp. 1.500.000. Sedikit lega sih, tapi...
“A, stang seher dan komplotannya harus segera diganti, tapi
kalau mau, harus inden dan bayar DP, harganya sekitar 500 ribuan. Itu belum
termasuk biaya pasang, karena harus turun mesin.”
Saya gak bisa menolak, akhirnya saya kembali menyerahkan uang
sisa, sebesar Rp.300.000.
“Kemungkinan sekitar seminggu barang datang, mudah-mudahan
sih lebih cepat.”
Saya hanya tersenyum kecut. Mudah-mudahan ini yang terakhir
jajan ke bengkel sebesar itu.
***
Mungkin hal di atas gak bikin saya histeris. Namun sukses
membuat saya kaget, shock, nyesel, marah, sedih dan lain-lain. Campur-campur.
Tapi dapet pelajaran yang sangat berharga, Jangan
sepelekan ganti oli!
Dan, kalau tetep maksa hal apa yang bisa bikin saya histeris?
Kayanya... kalau ketemu BCL. Done!
0 komentar:
Posting Komentar