Mapay Kuliner di Banjar...

Libur kembali menyapa... setelah pulang dari Touring Goes To Ciwidey (25-26 Des '11).... besoknya, Hari Selasa, 27 Desember 2011, istriku mengajak berkunjung ke rumah nenek di daerah Siluman, Purwaharja, Kota Banjar. Sekalian menyerbu oleh-oleh paman yang baru pulang berlayar dari S*Pore.
Saya langsung iya in aza.... karna ada aroma jalan-jalan di sana, walaupun tidak terlalu jauh sih.... Ya.... secara saya kan tinggal di Kalipucang, jadi untuk menuju Kota Banjar hanya ditempuh selama 1,5 jam dengan naik motor (kadang-kadang bisa kurang atau bahkan lebih, tergantung menjalankannya...). Namun secara pemerintahan, Banjar sudah menjadi kota sendiri, yang merupakan pemekaran dari Ciamis sejak 5 tahun yang lalu (kalo gak salah, he2).

Kami berangkat ba'da duhur, tapi mampir dulu ke sodara yang di Banjarsari.... jadi nyampe rumah nenek sekitar pukul 16.00. Saya gak akan bahas gimana serunya ketemu sodara-sodara, tapi seperti judul di atas, saya akan cerita sedikit tentang kuliner yang ada di Banjar dsk.

Ayam Bakar Kakang
Untuk makan malam, saya, istri saya & beberapa sodara, memilih menu Ayam Bakar Kakang yang terletak di jalan Sudiro Wasono (kalo gak salah, hehe, soale saya gak terlalu merhatiin nama jalannya). Yang jelas, Kakang ini mangkal di depan dealer Yamaha (atau Honda ya...?, lagi-lagi saya gak merhatiin detilnya, hehe). kalau dealer itu sudah tutup. so, jam bukanya ya dari jam 5 sore sampai abis mungkin ya...??. Sebenernya sih dah ada cabangnya dan dah punya tempat tetep, katanya, tapi saya tertarik untuk makan ditempat yang ini, berasa kaki lima gitu, trus lesehan pula.... soal menu, jelas seputar ayam kampung... bakar, goreng. kalau mau ikan juga ada, plus tahu tempe sebagai pelengkap.... dan kalao doyan tumis2an ada cah kangkung nya lho ... tapi, yang mantaph itu sambalnya bro..... hmmm.... bikin lidah serasa naik gunung.... ngosh ngoshan.... hehe.... terus ngedadak pula, dengan aroma terasi yang legit.... hehe. Dijamin, kalo dah nyobain pasti pengen balik lagi.... (apalagi kalau ada yang traktir). Soal harga mah masih wajar, bray..... seseuai lah sama 'rasa'nya... waktu itu saya sama istri dan 2 sodara habis 70 rb an...  sudah plus minum dan tahu tempe dan 1 porsi cah kangkung, juga sambel lalap nya.... mantaphh...

Saung Apung Ajo
Ini buat menu makan siang, tapi cuma sama istri dan anak aja, hihi....  kalau ini memang sudah netep gitu.... lokasinya di kapten Jamhur deket PLN, tempatnya terbuat dari bilik-bilik bambu gitu, ya.... sederhana memang.... tapi soal rasa, jangan salah bray..... bisa buat manjain lidah euy.... yummi lah.... soal menu, hampir sama sih.... seputar ayam dan ikan, tapi disini ada sop sapinya, sama sea food.... (cuma sayang, pas saya kesana dua menu terakhir sedang tidak tersedia). jadi, saya pesen ayam bakar (lagi), soale kalao goreng mah agak krang special.... (di rumah jg bisa, maksudnya). Harga juga maasih standar, berdua ga sampai 50rb, sudah sama jus alpukat. asyik kan ??.

Sop Buah
Nama warungnya sih saya lupa, tapi tempatnya saya inget, di jalan tentara pelajar (kalo gak salah, lagi ?). pokonya belakang mesjid agung banjar. wuihh.... segar sekali, mungkin kalo temen2 angkatan saya waktu di upi-ledeng, tahu sama sop buahnya pak lili (dulu suka jadi taruhan kalao lagi piala dunia), ini juga hampir sama enaknya sama itu...... jenis buahnya juga beragam, lengkap deh.... kalao dimakan siang-siang seger abis... bikin fresh lagi... mau ??. harganya 6 rb/porsi.

Mie Bebek & Sate Bebek
kalao ini lokasinya di langensari, deket pasar... konsepnya sih kaya mie ayam biasa, cuma mie nya pake kwetiaw dan dagingnya pake daging bebek... lumayan unik lah... saya sama istri sampe ngejar ke sana karena katanya enak... hehe, dan ternyata *recomended lah....lumayan buat variasi... kalo yang sate mah pasti, konsepnya sate, cuma dagingnya bebek.... maknyoss dong...

Sebenernya masih banyak tempat kuliner asyik di Banjar... tapi berhubung cuma 2 hari, jadi ga ka ubek semua.... mdh2an masih ada ksmpatan buat mapay-mapay lagi kuliner di Banjar.... asyik...
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar